Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros RAM dan Memori

Posted on

Cara Agar Aplikasi BBM Tidak Boros RAM dan Memori – Akibat dari borosnya RAM dan memori pada HP kamu, akan membuat HP Android menjadi lambat dan lemot gara-gara aplikasi yang satu ini. Apa kamu pernah memperhatikan atau sudah menyadari kalau aplikasi BBM for Android itu boros di RAM?

plikasi BBM Tidak Boros RAM dan Memori
plikasi BBM Tidak Boros RAM dan Memori

Jawabannya memang benar, aplikasi BBM for Android ini merupakan aplikasi yang fleksibel dan bahkan lebih menarik dari BBM for BlackBerry. Dengan tampilan material desain terbarunya akan menambah cantik user interface BBM for Android. Nah berikut ini ada tips pengaturan agar BBM tidak boros memori dan RAM

Tips Mengurangi Pemakaian memori pada BBM for Android

 

Memang sih beberapa fitur tambahan yang dimiliki Aplikasi BBM for Android ini juga tidak semuanya bisa kita temukan di BBM for BlackBerry jadul, misalnya saja voice call, game, timed message, game, BBM Channel, Glympse dan masih banyak lagi.

Jika kamu smarthphone kamu masih menggunakan RAM berkapasitas 1GB kebawah tentu saja hal ini membuat aplikasi BBM for Android memberatkan kinerja Android kamu. Karena aplikasi ini akan memakan RAM yang cukup banyak yang berdampak pada Android Boros baterai, ponsel menjadi lemot, hang, freeze dan rusak.Untuk bagian Boros baterai selain menggunakan cara yang akan diberitahukan dibawah, kamu juga dapat membaca artikel sebelumnya tentang cara menghemat baterai android

Nah langsung saja, berikut ini hal-hal yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut.


Hapus Data dan Cache Aplikasi BBM

Kamu bisa menghemat RAM aplikasi dengan menghapus data dan cache dari aplikasi tersebut.

Caranya, dengan membuka setting – Apps – BBM – pilih Clear Data dan Clear Cache.

Dengan mengapus data ,secara otomatis kamu pun juga akan “sign out” atau keluar dari aplikasi BBM tersebut. Tapi kamu hanya perlu log in ulang, dan history chat serta recent update dari teman kamu akan hilang. Namun untuk kontak tetap ada, karena BBID yang kamu gunakan tidak berubah.


Mengubah Pengaturan Aplikasi BBM for Android

Apabila kamu sudah log in ulang ke BBM for Android dengan BBID kamu, untuk langkah selanjutnya kamu bisa membuka menu settings pada BBM dan mengubah pengaturannya.

Kamu bisa menonaktifkan segala fitur BBM yang tidak terlalu penting misalnya saja Show what I’m listening to, show what others are listening to, Show Display pictures in chats, time messages dan fitur – fitur lainnya yang memang jarang kamu gunakan.


Cek ulang memori BBM for Android

Setelah kamu selesai langkah – langkah diatas, kamu bisa mengecek ulang informasi aplikasi BBM pada menu setting – Apps – BBM.

Kamu akan melihat aplikasi BBM yang tadinya menghabiskan memori sebesar 156 MB, akan menjadi 51.49 MB saja. Jadi hal ini akan lumayan untuk menghemat lebih dari 100 MB memori pada Android kamu hanya dari satu aplikasi saja.


Untuk selanjutnya kamu juga harus rajin untuk menghapus data dan cache dari aplikasi BBM dan lainnya pada Android kamu untuk memperbaiki kinerja smartphone.

Hal penting yang perlu kamu ingat, akibat dari melakukan hapus data (clear data) kamu harus login ulang BBM, jadi pastikan kamu mengingat BBID dan Password BBM kamu. Selamat mencoba.